Tentang

Hari Peduli Autisme Sedunia disahkan oleh PBB pada tahun 2007, kemudian ditetapkan melalui Resolusi PBB kemudian pada resolusi inilah Hari Peduli Autisme Sedunia diperingati setiap tanggal 2 April. Dengan diperingatinya hari tersebut maka Autisme adalah mnerupakan masalah kesehatan global yang harus disadari oleh dunia , termasuk Indonesia. 

Dengan latar belakang tersebut, maka  Pameran Lukisan Anak Hebat diselenggarakan secara umum  untuk memperingati Hari Kepedulian Autisme Sedunia. Pada tahun lalu kami mengadakan pameran selama 5 hari yang bertempat di Gedung Mono Diephuis & Co, Jl kepodang 11-13, Kota Lama, Semarang. Ada banyak talenta yang dimiliki oleh anak-anak dengan ASD (Autism Spectrum Disorder) salah satunya adalah melukis, menggambar, mewarnai.  Mereka mampu menciptakan suatu karya seni yang luar biasa, dan patut diapresiasi. Dengan adanya Pameran ini, maka diharapkan akan semakin muncul kecintaan dan penerimaan masyarakat kepada mereka. Serta menumbuhkan kepercayaan diri pada mereka dan memberikan kesempatan tampil dan beraktualisasi diri.

Pada Pameran Lukisan Anak Hebat ke 1 tahun lalu, berkolaborasi dengan PORTADIN Jawa Tengah dan TK Fun & Play Semarang.  kegiatan yang diadakan selain pameran itu sendiri  adalah sharing dan diskusi mengenai pentingnya diet untuk anak dengan autisme yang dipandu oleh praktisi dan motivator untuk Ibu dengan Autisme, yaitu Ibu Siwi Parwati A. Basri.

Kemudian sharing dan diskusi dengan Psikolog Klinis  Rumah Sakit Hermina Banyumanik, Ibu Kartika Sari Dewi S.Psi., M.Psi yang juga tergabung dalam JAPSI Universitas Diponegoro. Materi yang dibawakan mengenai Love and Acceptance. Pada hari terakhir, kami mengadakan kegiatan menggambar bersama dengan anak Autisme dan non Autisme, yang dipandu oleh Ibu Ratna Sawitri dan Bapak Broto Hastono yang merupakan salah satu seniman di Kota Semarang. Kegiatan inklusif ini memberikan contoh bahwa masyarakat dapat menerima perbedaan yang ada, perbedaan tersebut bukan menjadi penghalang untuk bersama-sama menciptakan suatu karya.

Pada Pameran Lukisan Anak Hebat ke 2 tahun 2020 ini berkolaborasi dengan PORTADIN Jawa Tengah dan Therapy Center Yogasmara, yang sebenarnya akan didakan pada tanggal 2 April 2020, kami mundurkan acaranya menjadi 6 Juni 2020 akibat adanya pandemic Corona secara global. Akibat pandemic yang sampai saat ini belum berakhir, maka panitia memutuskan untuk menunda acara Pameran sampai tahun depan, dan untuk tahun ini dibuat Live Exhibition menggunakan website dan media sosial. Hal ini dilakukan agar esensi Pameran tetap ada dan tetap dapat disaksikan walaupun secara virtual.